Blogger news

Pages

Friday 3 April 2015

Susahnya Mencari Pekerjaan Tanpa Ijasah

Susahnya Mencari Pekerjaan Tanpa Ijasah


 Di zaman modern ini banyak sekali pengangguran yang ada di indonesia,khususnya di pulau kalimantan ini,remaja-remaja yang terpengaruh oleh pergaulan bebas yang menyebabkan mereka putus sekolah/sekolah tidak sampai lulus,menurut saya kenakalan remaja lah yang menyebabkan semua ini menjadi rumit untuk di atasi,oleh karena itu pengangguran makin meraja rela di kalimantan tengah ini,contohnya pada bulan-bulan ini banyak beredar berita tentang pembegalan,itu lah penyebabnya jika mencari pekerjaan dan kurangnya pembimbingan oleh orang tua,dan terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan pengangguran yang terjadi oleh pra remaja.Data yang telah tersurvei tentang pengangguran oleh remaja di kalimantan tengah ini masih banyak yang susah mencari pekerjaan,dikarenakan beberapa faktor yang sering kita temui,contohnya:


- putus sekolah
- sempitnya lowongan pekerjaan
- kurangnya perhatian terhadap para pengangguran
- kurangnya pembimbingan
- dan masih banyak lagi

    Masalah seperti ini pernah saya alami sendiri,dari kecil saya sudah bekerja sebagai peternak ayam di tempat paman saya,pada saat itu saya bekerja dari umur 3-6 tahun,saya tinggal dengan kakek dan nenek yang berada di daerah Jombang,Jawa Timur,pada saat kelas 3 SD saya merantau dengan ibu bapak saya ke kalimantan tengah,pada saat di kalimantan tengah ini saya melihat banyak perbadaan saat di kalimantan ini,dan pada kesempatan ini saya mengajak teman-teman untuk mengatasi hal tersebut,saya menpunyai solusi yang sangat baik dan benar untuk mengatasi masalah yang ada,beberapa hal yang harus saya sampaikan yaitu yang berkaitan dengan bagaimana cara mengatasi pengangguran yang di alami oleh remaja yang putus sekolah:

- membuka lapangan kerja
- membimbing dan mengajak mereka untuk bagaimana mendapatkan pekerjaan
- memberantas para remaja yang telah terpengaruh oleh pergaulan bebas
- dan membimbing adik-adaik kita yang masih SD dan SMP agar tidak putus sekolah


Data di Kalimantan Tengah pada tahun 2000.Penciptaan dan Pengembangan Kesempatan Kerja di Kalimantan Tengah

a.Penduduk.

  Penduduk Kalimantan Tengah sampai dengan tahun 2000 berjumlah 1.823.715 orang dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 2,8 % per tahun.

b.Angkatan Kerja.

  Dari jumlah penduduk tersebut diatas terdapat angkatan kerja usia diatas 15 tahun sebanyak 808.718 orang.

c.Kesempatan Kerja.

  Kesempatan kerja sampai dengan tahun 2000 di Kalimantan Tengah berjumlah 774.731 orang.

d.Penganggur.

  Jumlah penganggur di Kalimantan Tengah sampai dengan tahun 2000 sebanyak 33.987 orang dengan tingkat pengangguran sebesar 4.2 % per tahun.Angkatan Kerja sampai dengan Tahun 2001 di Kalimantan Tengah adalah 808.718 orang, sedangkan kesempatan kerja berjumlah 774.731, atau mengalami pengangguran terbuka sebesar 4,3%.Rencana Anggaran Pembiayaan (APBN) Sektor Tenaga Kerja.
(sumber Ruhul Jahid)
 Adapun langkah-langkah yang lain untuk mengatasi pengangguran yang ada di kalimantan tengah:
1.Penugasan/pengerahan Tenaga Kerja Pemuda Mandiri Profesional (TKPMP) dan penugasan tenaga Kerja Muda Terdidik(TKMT)
- Penerapan dan penyebarluasan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Teknologi Padat Karya (TPK).
– Penempatan Tenaga Kerja melalui mekanisme Antar Kerja Lokal (AKL) ke perusahaan-perusahaan.
– Memperketat kedatangan Tenaga Kerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), untuk memberi kesempatan kerja yang lebih luas   kepada penganggur Kalimantan Tengah.

2.Mengefektifkan Bursa Kerja Propinsi, sebagai pelayanan dalam bentuk koordinasi penempatan tenaga kerja antar Kabupaten     dan Kota di Kalimantan Tengah. Apabila di daerah tersebut tidak tersedia tenaga kerja sesuai dengan peryaratan      lowongan.

3.Melaksanakan pembinaan terhadap peningkatan kwalitas pelatihan kete-rampilan tenaga kerja dan Pemagangan

4.Melaksanakan Pelatihan Manajemen Produk-tivitas.

5.Peningkatan penyuluhan terhadap efekti-vitas syarat kerja dan pelaksanaan norma kerjadi perusahaan.

6.Menjajaki kemungkinan pembentukan forum komunikasi untuk dapat memonitor lowongan pekerjaan yang ada pada instansi     Pemerintah di Kalimantan Tengah.

Itu lah Survei yang ada di tempat tinggal saya,Semoga bermanfaan bagi remaja-remaja yang telah putus sekolah,Sekian Dari Saya dan Terima kasih

0 comments:

Post a Comment