Blogger news

Pages

Sunday 5 April 2015

Bonus Demografi Dan Ketenagakerjaan Dengan Cara GENRE

Bonus Demografi Dan Ketenagakerjaan Dengan Cara GENRE


GENRE kepanjangan dari generasi berencana,yaitu forum bagi sauatu remaja untuk menyiapkan masa depan para penerus bangsa ini, GENRE telah menyebar luas di berbagai daerah, salah satunya yang ada di kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.Kegiatan GENRE. Kegiatan GENRE pada bulan Maret tahun 2015 kemarin di kota Pangkalan Bun ini diikuti oleh berbagai macam pelajar dan mahasiswa yang ada di kotawaringin barat khususnya yang ada di kota Pangkalan Bun. Dalam kegiatan ini kami belajar tentang bagaimana membangun kota Pangkalan Bun menjadi kota maju di Indonesia, menjadi kota yang memiliki Bonus Demografi dan Ketenagakerjaan.



Bonus Demografi
Bonus Demografi adalah bonus yang dimiliki suatu negara terhadap besarnya proporsi yang didukung keproduktifannya suatu penduduk yang telah dialami suatu kependudukan. Pada saat ini Indonesia telah mendapatkan bonus demografi karena Indonesia telah berkembang sejak zaman penjajahan dan kesehatan di Indonesia pun semakin meningkat karena fasilitas yang sangat memadahi, penduduk Indonesia semakin meningkat karena didukung oleh suatu pendidikan yang semakin meningkat tajam.

            Pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini sudah sangat pesat yang dibuktikan dengan padatnya daerah-daerah perkotaan dan semakin berkurangnya lahan pertanian. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dalam sensus  penduduk tahun 2010,penduduk Indonesia mencapai 237.641.326 juta jiwa dengan kepadatan 4,58%. Pertumbuhan inilah yang sangat mendukung untuk meningkatkan Bonus Demografi. Bonus Demografi di dapat dari banyak sedikitnya tenaga kerja yang ada di Indonesia.
Tenaga Kerja adalah penduduk yang telah memasuki usia kerja. Batas usia kerja di Indonesia pada saat ini adalah berumur 15-64 tahun,di Indonesia ini pemerintah mengusahakan untuk membuka lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran yang ada,kesempatan kerja ada 2 macam arti yaitu:
  • dalam arti sempit kesempatan kerja adalah banyak sedikitnya penduduk yang mendapatkan kesempatan untuk bekerja.
  • dalam arti luas kesempatan kerja adalah banyak sedikit peluang untuk memproduksi ketenaga kerja yang ikut dalam suatu bidang tertentu.

Oleh karena, mari kita memajukan Indonesia ini dengan wajib belajar 12 tahun, agar anak-anak kita tidak terkena pergaulan bebas yang sekarang telah meraja rela, mari kita membina dan mengasuh anak kita dengan asupan yang bergizi dan mengecek gizi ke posyandu dsan mengirimkan ke PAUD sejak kecil, dengan cara itu negara kita pasti akan lebih cepat menikmati Bonus Demografi, dengan didukung dengan SDA maupun SDM yang sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa ini. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana mengatakan, meningkatnya jumlah penduduk pada tahun 2035 tersebut menyebabkan Indonesia menjadi negara kelima dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, dengan diadakannya program oleh BKKBN di Indonesia yang akan menghentikan pertumbuhan penduduk di indonesia yang awalnya sangat cepat menjadi sangat terkontrol dan sangat membantu.


Banyak juga yang bilang sukses itu sangat sulit,tetapi kalau kita terus menerus mengandalkan SDA kita, pasti tahun kedepanakan cepat habis, oleh karena itu saya mengajak teman-teman untuk berkreasi dengan sebuah barang yang tidak terpakai menjadi barang yang sangat bernilai, tetapi tidak semua barang bekas bisa di jadikan barang yang berharga kalau kita membuatnya secara asal buat, untuk itu kita harus mencari ide/kreatifitas kita agar membuat barang tersebut menjadi ada nilai tinggi. Ketika SMP/SMA pasti kita belajar "bagaimana cara membuat barang bekas menjadi bernilai?"pasti jawabannya iya. Nah,mari kita memajukan Indonesia ini dengan mengembangkan kreatifitas kita dari bahan tidak berguna menjadi sangat berguna. Dengan di dukungnya turis yang datang pada bulan tertentu, kita bisa menjual atau memperlihatkan kesenian dan kreatifitas anak bangsa khususnya di daerah Kotawaringin Barat ini. Dengan cara ini kita bisa memajukan Kotawaringin Barat ini menjadi kabupaten yang berkwalitas tinggi.

Semoga artikel ini sangat bermanfaan dan membuat kita bersemangat lagi dan memajukan bangsa ini!

0 comments:

Post a Comment